Minggu, 28 Desember 2008

UPAYA GURU PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HASAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PUTRA
DI PATIHAN WETAN BABADAN
PONOROGO









Diajukan Kepada Universitas Satyagama Jakarta Untuk Memenuhi
Syarat-Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan Islam

Oleh :
NAMA : AZKA ABDUL HAKIM

NPM : 06250657.630

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS SATYAGAMA
JAKARTA
2008
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING


UPAYA GURU PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN
AL-HASAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PUTRA
DIPATIHANWETAN BABADAN
PONOROGO




SKRIPSI
Diajukan Kepada Universitas Satyagama Jakarta untuk memenuhi syarat-syarat
Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam


Oleh :

NAMA : AZKA ABDUL HAKIM
NPM : 062 506 576 30




Pembimbing I




(Dr. H. Nur Amin Fattah, MM) Pembimbing II




(Drs. Sa’dullah, M. Ag)
PENGESAHAN PANITIA UJIAN

Skripsi yang berjudul “ UPAYA GURU PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HASAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PUTRA DIPATIHAN WETAN BABADAN PONOROGO “ telah diujikan dalam siding pendadaran Universitas Satyagama Jakarta.
Skripsi ini telah diterima sebagai salah satu syarat untuk memeperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam pada Jurusan Pendidikan Agama Islam.

Jakarta, 2008

Sidang Pendadaran

Ketua Merangkap Anggota,


Dr. H. Nur Amin Fattah, MM Sekretaris Merangakap Anggota,


Mulyaningsih, S.Ag

Pembimbing I


Drs. H. Nur Amin Fattah, MM
Pembimbing II


Drs. Sa’datullah, M.Ag


Penguji I




Penguji II






Mengetahui,
Dekan Fakultas Agama Islam
Universitas Satyagama Jakarta



Drs. H. Nur Amin Fattah, MM
KATA PENGANTAR


Bismillahir-Rohmaanir-Rohiim
Segala puji bagi Allah, dengan pujian yang takterhitung oleh bilangan, dan tidak bisa dicapai siapapun. Berkat rahmat, taufiq dan hidayah-Nyalah penulis dapat menyelesaikan tugas akademis ini. Sholawat dan salam semoga tercurahkan selalu kepada nabi sekaligus rasul-Nya, penghulu kita, Muhammad saw, manusia terbaik yang senantiasa rukuk dan sujud kepada-Nya; juga kepada keluarga, para sahabat, dan para pengikut beliau yang selalu setia hingga akhir masa.
Dalam penyusunan karya tulis ini, penulis menyadari sepenuhnya bahwa tanpa pertolongan dan petunjuk dari-Nya dengan disertai usaha keras penulis serta bantuan dari banyak pihak, sulit rasanya dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Untuk itu, perkenankanlah penulis mengucapkan terimakasih yang takterhingga, terutama kepada yang terhormat :
1. Bapak Dr. Ir. H. SOENARDJO WIRJO PRAWIRO, M.Si, selaku Rektor Universitas Satyagama Jakarta.
2. Bapak Dr. H. NUR AMIN FATTAH, MM selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Satyagama Jakarta, dan sekaligus pembimbing I dalam penyusunan skripsi ini.
3. Bapak Drs. SA’DULLAH, M.Ag, selaku pembimbing II dalam penyusunan skripsi ini.
4. Segenap Dosen dan Civitas Akdemika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Satyagama Jakarta.
5. Segenap keluarga, terutama kedua orang tua tercinta yang selalu memberikan suntikan moral dan material sejak masa perkuliahan hingga terselesaikannya skripsi ini.
6. Segenap rekan-rekan tercinta dari Ikatan Pelajar Mahasiwa Bengkalis di Ponorogo dan para sahabat dari Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan yang telah banyak membantu dan memberi masukan kepada penulis, terutama selama penyusunan skripsi ini.
Kepada beliau semua penulis hanya bisa mengucapkan jazakumullah ahsanal jaza’ dan semoga jasa serta budi baiknya dicatat oleh Allah swt sebagai amal soleh disisi-Nya, amin ya robbal alamiin.
Harapan penulis, semoga karya sederhana ini dapat membawa manfa’at, khususnya bagi penulis dan umumnya bagi kaum muslimin yang mendambakan munculnya generasi hafizh-hafizhoh baik dalam keluargan maupun masyarakatnya, amin ya robbal ‘alamiin.











M O T T O



خير كم من تعلم القران وعلمه

“Sebaik-baik kamu sekalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya”



























DAFTAR ISI


Halaman

HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ii
HALAMAN PENGESAHAN iii
KATA PENGANTAR.. iv
M O T T O vii
DAFTAR ISI viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah . 1
B. Tujuan Penelitian . 7
C. Pembatasan dan Perumusan Masalah . 7
D. Metode Penelitian . 8
E. Sistematika Penyusunan 11
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Pondok Pesantren 13
1. Pengertian Pondok Pesantren 13
2. Sejarah Pondok Pesantren 14
3. Unsur-unsur Pondok Pesantren 16
a. Ulama (Kyai) 16
b. Santri 17
c. Masjid 18
d. Asrama Pemondokan 18
e. Pengajaran Ilmu-ilmu Agama 19s
1) Pengajian Kitab-kitab Islam Klasik 20
2) Pengajian Kitab-kitab Islam Non Klasik 20
4. Guru Pondok Pesantren 20
5. Sistem Pengajaran Pondok Pesantren 22

B. Menghafal Al-Qur’an 23
1. Pengertian Dan Keutamaan Menghafal Al-Qur’an 23
a. Pengertian Menghafal Al-Qur’an 23
b. Keutamaan Menghafal Al-Qur’an 24
2. Cara-cara Menghafal Al-Qur’an 24
a. Kaidah-kaidah Pokok 24
b. Kaidah-kaidah Pendukung 26
c. Kaidah-kaidah Brilian 27
3. Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an 28
a. Pengertian Meningkatkan Kemampuan 28
b. Hal-hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan
Kemampuan menghafal Al-Qur’an 29
BAB III GAMBARAN UMUM PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-HASAN PATIHAN WETAN BABADAN PONOROGO
A. Sejarah singkat ………………………………………… 32
B. Struktur organisasi…………………………………………………… 35
C. Sarana prasarana
1. Letak geografis……………………………………………..... 37
2. Sarana dan prasarana yang dimiliki……………………….... 37
D. Kegiatan belajar mengajar
1. Waktu kegiatan……………………………………………..... 38
2. Metode yang di gunakan…………………………………..... 43
BAB IV UPAYA-UPAYA GURU PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI PUTRA
A. Bentuk-bentuk upaya
1. Mengadakan pendalaman ilmu tajwid……………………… 46
2. Menanamkan kedisiplinan…………………………………... 47
3. Mengadakan pembibingan dan pembina’an………………… 48
4. Mengadakan rutinan sema’an Al-Qur’an…………………... 49
5. Mengadakan musafahah…………………………………...... 52
6. Mengadakan taqroran……………………………………...... 52

B. Kendala dan Solusi
1. Kendala……………………………………………………........ 53
2. Solusi…………………………………………………………… 55
3. Prestasi Santri………………………………………………….. 56
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Upaya-upaya guru pondok pesantren…………………….. 59
2. Prestasi santri……………………………………………… 60
B. Saran-saran………………………………………………………… 60
C. Penutup……………………………………………………………. 61
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT PENDIDIKAN


by azka abdul hakim

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan anda