Minggu, 28 Desember 2008

SEBUAH KESIMPULAN

A. Kesimpulan
Dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an santri putra Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Al-Hasan patihan wetan babadan Ponorogo, dari hasil penelitian yang penulis lakukan, bahwa guru Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Al-Hasan melakukan beberapa upaya, yang diantaranya sebagai berikut:
1. Upaya-upaya guru pondok pesantren
a. Menanamkan kedisiplinan, seperti melaksanakan setoran dan takror (mengulangi hafalan) tepat pada waktu yang telah tentukan, agar para santri terbiasa disiplin dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki rasa tanggung jawab.
b. Memperdalam ilmu tajwid, karena mempunyai peranan yang penting dalam menghafal Ai-Qur'an dan merupakan salah satu ilmu yang harus dimiliki oleh para calon hafidz.
c. Mengadakan rutinan sema'an Al-Qur'an, karena dengan diadakannya rutinan ini para santri lebih menguasai hafalannya dan lebih mempererat tali silaturahmi antar santri dan juga masyarakat sekitarnya.



2. Prestasi santri
Sebagaimana yang telah diungkapkan diatas, bahwa prestasi manghafal Al-Qur'an santri putra pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan rata-rata memperoleh nilai baik yang ditunjukkan dengan prosentase sebesar 41,18 %.

B. Saran-saran
Sehubungan dengan hasil penelitian yang bpenulis lakukan, maka ada beberapa saran yang perlu di sampaikan kepada pihak pondok pesantren sebagai berikut:
1. Dilihat dari hasil penelitian yang penulis lakukan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo, mengenai upaya-upaya guru pondok pesantren yang mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, maka perlu di tingkatkan lagi kedisiplinan dalam segala aktivitas dari semua pihak agar prestasi para santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo lebih baik lagi.
2. Fasilitas merupakan sesuatu yang sangat mempengaruhi prestasi belajar, para santri hendaknya memperhatikan dan merawatnya dengan serius, seperti tempat ibadah, ruang belajar dan semua ruang infentaris pondok pesantren.
3. Kepada semua unsur-unsur Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo hendaknya mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi dalam mengemban amanat baik dari pengasuh maupun wali santri.

C. Penutup
Sesungguhnya segala puji bagi Allah swt, raab semesta alam, yang telah memberikan taufik, hidayah dan inayahnya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini. Semua ini merupakan kehendak Allahswt dan bukan karya penulis semata.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan skripsi ini masih jauh dari kesempurna'an, serta masih banyak kekurangan dan kekeliruan, walaupun telah berusaha sekuat tenaga. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang sudi membaca karya ini.
Demikian sekapur sirih dari penulis, dan penulis berharap semoga karya ini dapat di jadikan bahan pertimbangan dalam kegiatan menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo khususnya dan bagi masyarakat luas umumnya.






DAFTAR PUSTAKA


Nata, Abudin, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, ( Jakarta, PT. Grasindo, 2001)
Djaelani, Abdul Qodir, Peran Ulama’ dan Santri Dalam Perjuangan Politik Islam di Indonesia, ( Surabaya, PT. Bina Ilmu, 1994 )
Departemen Agama, Pola Pengembangan Pondok Pesantren, ( Jakarta, TP, 2001 )
Djuhan, Widda, M.Si, Diktat Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, ( Ponorogo, Lembaga Penerbitan dan Pengembangan Ilmiah STAIN, 2006 )
Basthul Birri, Maftuh, Al-Qur’anul Karim Hidangan Segar, ( Kediri, Madrasah Murottilil Qur’anil Karim, 2002 )
Syamsuddin, Ahmad Yaman, Lc, Cara Mudah Menghafal Al-Qur’an, ( Sukoharjo, Insan Kamil, 2007 )
As-Sirjani, Raghib, Dr, Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an, ( Solo, Aqwam, 2007 )
Junaidi, Mahbub, Menghafal Al-Qur’an Itu Mudah, ( Solo, CV. Angkasa,TT )
Anwar, Rosihan, Drs, Ulumul Qur’an, ( Bandung, Pustaka Setia, 2002 )
Nafi’, Dian, Praksis Pembelajaran Pesantren, ( Yogyakarta, PT. Pelangi Aksara, 2007 )
Abdul Fattah, Shalah, Dr, Kunci Berinteraksi Dengan Al-Qur’an, ( Jakarta, Rabbani Press, 2007 )
Syafi’ie, Inu Kencana, Ilmu Pemerintahan dan Al-Qur’an, ( Jakarta, Bumi Aksara, 2004 )
Ath-Tharawanah, Sulaiman, Rahasia Pilihan Kata Dalam Al-Qur’an, ( Sukoharjo, Insan Kamil, 2007 )
Agustin, Risa, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, ( Surabaya, Serba jaya, 2006)
Muhsin, Abdul, Dr, Langkah Pasti Menuju Bahagia, ( Surakarta, Daar An-Naba’, TT )
Mas’ud, Abdurrahman, H, Dr, MA, Dinamika Pesantren, Sekolah dan Madrasah, ( Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2002 )
Putra Daulay, Haidar, Hektorisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah, ( Yogyakarta, Tiara Wacana, 2001 )
An-Nazali, Haqqi, SM, Khazinah Al-Asrar, ( Semarang, Toha Putra, TT )
Departemen Agama RI, Al-Qur’an Terjemahan, ( Kudus, Menara Kudus, 1997 )








DAFTAR RIWAYAT PENDIDIKAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : AZKA ABDUL HAKIM
NPM : 062 506 57. 630
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat tanggal lahir : Tanjung Samak. 17 Agustus 1979
Agama : Islam
Alamat : Jl. Parang Menang No.32 Patihan Wetan Babadan Ponorogo.
Pendidikan : 1. SDN 050 Tanjung Samak Th.1991/1992
2. SMPN 05 Tanjung Samak Th 1994/1995
3. MAN Pasuruan Th 1997/1998
4. Universitas Styagama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Agama Islam ( Program S1 )

Demikian daftar riwayat pendidikan ini dibuat penulis sesuai dengan data yang sebenarnya.

Ponorogo, Agustus 2008

AZKA ABDUL HAKIM

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan anda