Minggu, 14 Desember 2008

terjemah ta'liimul muta'allim

muqoddimah

segala puji bagi Allah, tuhan yang mengutamakan manusia atas semesta alam dengan ilmu dan amal, shalawat semoga tetap terlimpah kepada Muhammad saw, sang penghulu tanah Arab dan 'ajam, juga kepada keluarga dan para sahabat beliau, yang menjadi sumber ilmu dan hikmah.
kemudian sesudah itu...

A. latar belakang penyusunan kitab

ketika saya melihat banyak dari orang-orang yang mencari ilmu pada zaman kami, mereka banyak mendapatkan ilmu akan tetapi mereka tidak dapat sampai atau mereka tidak bisa mengambil manfaat ilmu dan buahnya, yaitu beramal dengan ilmunya dan menyebarlusakannya, mereka terhalang karena mereka salah jalan dan meninggalkan syarat-syaratnya, maka siapa saja yang salah jalan maka ia tidak akan mendapatkan apa yang dia tuju baik sedikit maupun banyak.
maka saya berkeinginan dan saya senang untuk menjelaskan bagi mereka cara belajar yang saya tahu dari kitab-kitab dan saya dengar dari para guru yang memiliki ilmu dan hikmah.
saya berharap do'a dari orang-orang yang tulus dan senang dalam mencari ilmu, agar bisa bahagia dan selamat pada hari qiamat.
demikian setelah aku ber-istikharah pada Allah.

B. judul dan isi buku

selanjutnya kitab ini saya kitab " TA'LIIMUL MUATA'ALLIM " yang bagi dalam beberapa pasal :
pasal 1 tentang pengertian ilmu, fiqih dan keutamaannya
pasal 2 tentang niat dalam belajar
pasal 3 tentang memilih ilmu, guru, teman dan ketabahan
pasal 4 tentang penghormatan terhadap ilmu dan ulama'
pasal 5 tentang ketekunan, kontinuitas dan minat
pasal 6 tentang permulaan belajar, kuantitas dan tertib belajar
pasal 7 tentang tawakkal
pasal 8 tentang waktu keberhasilan
pasal 9 tentang kasih sayang dan nasehat
pasal 10 tentang mengambil faidah
pasal 11 tentang wira'i ketika belajar
pasal12 tentang penyeba hafal dan penyebab lupa
pasal13 tentang faktor penambah dan penghambat rizqi, penambah dan pemotong usia

hanya kepada Allah aku memohon taufiq, kepada Allah pula aku berserah diri dan kepada-Nyalah aku kembali


Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan anda